kroto

Kroto Telur Semut Informasi Sebelum Menjadi Peternak Sukses

Sebagian besar dari anda pastinya sesekali pernah mendengar sebuah kata yang bernama kroto. Untuk anda yang sering mendengar kata yang satu ini tapi tidak tahu apa itu, artikel ini akan membuat anda segera mengetahuinya.

Pada umumnya kroto adalah telur yang dihasilkan dari semut rangrang. Sederhananya semut rangrang jantan akan membuahi ratu semut rangrang dan menghasilkan telur-telur kecil berwarna putih yang biasa disebut sebagai kroto.

Bentuk dari telur ini sendiri hampir mirip seperti beras yang biasa kita temukan dengan ukuran yang bervariasi. Ada yang memiliki ukuran yang kecil namun ada juga yang memiliki ukuran yang bisa dikatakan cukup besar.

kroto

Berbicara soal bau yang dihasilkan dari kroto, pada umumnya telur semut ini memiliki bau yang asam. Bau asam juga tergantung dari bagaimana kondisi telur. Semakin asam baunya menandakan kualitas telur yang kurang bagus.

Telur semut rangrang yang satu ini sangat sering dijadikan sebagai extra fooding untuk burung-burung peliharaan.  Misalnya saja seperti burung murai, burung kolibri, burung wambi, burung poksay dan masih banyak lagi.

Tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan larva / pupa semut yang satu ini sebagai umpan untuk memancing ikan. Untuk urusan umpan pancing, telur semut rangrang masih menjadi andalan bagi para mancing mania.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya orang-orang yang memiliki hobi mancing dan burung terbilang masih cukup banyak di Indonesia. Maka dari itu peluang bisnis dari telur semut rangrang itu sendiri menjadi sangat besar.

Sehingga banyak sekali orang-orang yang pada akhirnya menggeluti di bidang jual beli keroto ataupun beternak kroto. Karena memang keuntungan yang bisa didapatkan dari jual beli ataupun beternak sangatlah menjanjikan.

Manfaat-Manfaat Kroto Telur Semut Yang Perlu di Ketahui

Kalau tadi kita sudah membahas tentang apa itu kroto, bagaimana bentuknya dan bagaimana baunya. Alangkah baiknya anda juga mengetahui tentang beberapa manfaat yang bisa di ambil dari telur semut yang satu ini.

Tahukah anda kalau ternyata telur yang dihasilkan dari semut rangrang ini memiliki protein yang cukup tinggi? Itulah alasan mengapa banyak orang yang memilih telur semut ini sebagai pakan bagi burung peliharaanya.

Apabila diberikan secara rutin, maka manfaat yang akan dirasakan untuk burung ialah :

  1. Pastinya burung peliharaan menjadi lebih aktif dan juga gacor.
  2. Menjaga kondisi burung peliharaan agar selalu sehat, bugar dan prima.
  3. Berguna sehingga burung menjadi lebih mudah mengingat lagu atau suara masteran.
  4. Membuat burung akan semakin lebih rajin berbunyi dan menghasilkan suara yang merdu.
  5. Makanan yang sangat cocok apabila burung terlihat lesu, murung, stress atau macet berbunyi.

Meskipun ukuran dari telur semut ini kecil-kecil akan tetapi menyimpan segudang manfaat yang berguna untuk burung peliharaan. Cocok menjadi pakan untuk burung yang ingin memenangkan kontes-kontes besar.

Tidak hanya untuk burung saja, ternyata hewan seperti ikan juga menyukai telur semut rangrang. Itulah mengapa kroto sering sekali dijadikan umpan untuk memancing yang cukup ampuh untuk saat ini.

krotopedia

Selain burung ternyata juga bisa digunakan untuk ikan-ikan kesayangan sepeti ikan lele, ikan lou han, ikan gabus dan lain-lain. Lemak yang dihasilkan terbukti sangat baik bagi pertumbuhan ikan agar selalu sehat dan cepat besar.

Bahkan di beberapa bagian negara seperti Thailand, telur semut ini biasa dijadikan sebagai menu makanan yang bernutrisi. Karena memiliki kandungan yang baik seperti kalsium, protein, fosfor dan vitamin A.

Keren sekali ya ternyata manfaat dari si telur semut rangrang yang satu ini. Tidak heran mengapa harga pasaran dari kroto itu sendiri bisa mencapai 150 – 240 ribuan perkilonya, sangat sesuai lah dengan manfaat yang diberikan.

Jenis-Jenis Kroto Yang Pada Umumnya Sering di Temukan

Setelah mengetahui gambaran tentang kroto dan manfaat-manfaatnya, tahukah anda kalau keroto terbagi atas beberapa jenis? Informasi ini penting sehingga anda bisa membedakan beberapa jenis keroto yang ada pada saat ini.

Alasan mengapa keroto bisa terbagi atas beberapa jenis salah satunya adalah faktor dari telur itu sendiri dan juga cuaca. Apabila diperhatikan dengan seksama, ukuran dari telur semut ini ada yang besar dan ada juga yang kecil.

Baca Juga :  Apa Itu Kroto Beserta Penjelasan Tentang Manfaat Untuk Burung

Jadi sebelum anda membeli ataupun beternak kroto, anda harus bisa membedakan jenis-jenisnya terlebih dahulu. Karena biasanya harga pasaran tergantung dari jenis keroto itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenisnya.

Keroto Halus dan Keroto Kasar

Adalah keroto yang memiliki tekstur yang bervariasi, ada yang halus dan ada juga yang kasar. Jenis keroto ini bisa tahan lebih lama tanpa pengawet. Keroto ini memiliki daya tahan kurang lebih selama seminggu disesuaikan dengan suhu ruang. Sebaiknya keroto jenis ini disimpan didalam kulkas. Keroto berjenis ini cukup disenangi oleh burung peliharaan.

kroto basah

Keroto Basah

Merupakan keroto yang memiliki kadar air yang cukup tinggi dibandingkan jenis keroto lainnya. Memiliki kandungan nutrisi protein dan asam lemak yang baik. Akan tetapi memiliki daya tahan yang tidak terlalu lama. Hanya dalam waktu 1 – 2 hari saja keroto jenis ini akan lebih mudah rusak atau basi.

Fase-Fase Perkembangbiakan Telur Semut Rangrang

Pada poin pembahasan kali ini yuk kita sama-sama mengenal fase perkembangbiakan telur semut rangrang. Tentunya buat anda yang ingin beternak kroto setidaknya memiliki gambaran yang cukup bisa membantu.

Proses perkembangbiakan telur semut meliputi telur semut yang menjadi larva, setelah itu menjadi pupa sampai menjadi semut dewasa. Kalau diperkirakan proses dari telur sampai semut dewasa memerlukan waktu 25 – 30 hari.

Berikut ini adalah gambaran tentang data perkembangbiakan telur semut yang perlu anda ketahui :

  • Proses dari telur menjadi larva membutuhkan waktu sekitar 6 hari
  • Proses dari larva menjadi pupa membutuhkan waktu sekitar 12 hari
  • Proses dari pupa menuju semut rangrang dewasa butuh waktu sekitar 10 hari

Dengan begitu pastinya anda akan memiliki perhitungan yang bakal memudahkan pada saat beternak kroto. Jadi jangan takut untuk memulai buat anda yang ingin menekuni di bidang ternak keroto.

Lingkungan dan Makanan Semut Rangrang Keroto Yang Ideal Untuk Peternak

Satu lagi yang tidak kalah penting dan wajib anda ketahui ialah lingkungan atau habitat dari semut rangrang itu sendiri. Lantas apa sih hubunganya mengetahui lingkungan dan habitat dari semut rangrang dengan beternak?

Jadi untuk anda yang nantinya ingin beternak kroto, ada baiknya untuk selalu memperhatikan suhu, intensitas cahaya, makanan dan lingkungan tempat tinggal sarang. Karena kalau tidak diperhatikan dengan baik maka hasil panen juga tidak akan maksimal.

semut rangrang

Suhu Lingkungan

Tahukah anda kalau biasanya semut rangrang cukup senang dan aktif pada suhu sekitar 22 sampai 29 derajat Celcius? Apabila suhu ruang melebihi dari 29 atau 30 derajat Celcius, maka aktifitas dari semut rangrang cenderung akan berkurang. Jadi usahakan memilih tempat beternak yang memiliki suhu yang tidak terlalu panas karena akan mengganggu aktifitas para semut.

Intensitas Cahaya

Di alam liar semut rangrang biasanya akan membentuk sarang dari benda-benda seperti daun yang kedap cahaya. Helai-helai daun tersebut dimanfaatkan para semut sehingga mendapatkan intensitas cahaya yang tepat dan ideal. Usahakan untuk memilih tempat beternak kroto yang memiliki intensitas cahaya yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang.

Makanan Semut Rangrang

Yang tidak kalah penting dan wajib diperhatikan ialah makanan. Dialam liar semut rangrang membutuhkan nutrisi seperti protein dan juga karbohidrat, yang bisa didapatkan dari kutu daun, ulat, lalat, belalang dan lain sebagainya. Untuk peternak, anda bisa menggantinya dengan menggunakan air gula dan jangkrik sebagai makanan pokoknya. Kadar air gula juga harus diperhatikan, usahakan jangan sampai air gula terlalu manis.

Sekian info yang bisa kami berikan tentang Kroto Telur Semut Rangrang, Informasi Sebelum Menjadi Peternak Sukses untuk anda para pembaca. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan yang baru.

Sekian dan Terima Kasih …

17 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *