Ternak Kroto Gampang! Berikut Ini Caranya Untuk Pemula

ternak kroto

Bukan cuma ternak ayam, sapi, domba, bebek dan juga ikan saja. Ternyata ternak telur semut kroto juga bisa menjadi alternatif meguntungkan untuk mendapatkan uang yang besar.

Hal ini dikarenakan pecinta burung dan mancing masih sangat banyak sekali di Indonesia. Maka dari itu, kroto telur semut juga tidak akan sepi pembeli dan akan terus berdatangan.

Bahkan telur semut yang satu ini juga sudah bisa dibeli dengan menggunakan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan banyak lagi. Tidak perlu repot-repot lagi beli kroto.

Omset yang bisa didapatkan dari usaha ternak kroto bisa mencapai 10 – 30 juta rupiah tergantung dari kualitas telur semut yang dihasilkan. Usaha yang cukup untuk dipertimbangkan bukan?

Beberapa Hal Yang Harus di Siapkan Saat Ternak Kroto

Pertama kamu siapkan dulu toples sosis. Toples yang cukup ideal agar telur semut bisa nyarang disitu. Selanjutnya toples harus dibalik dan diberikan lobang-lobang kecil.

Kamu harus membuat tempat yang nyaman untuk semut. Tempat favorit semut adalah tempat yang lembab namun tidak terlalu basah. Telur sangat suka dengan tempat itu.

Jangan lupa kamu membuat rak untuk toples-toples itu. Fungsinya adalah agar toples-toples tersebut buat membuat sarang untuk bertelur.

Setelah rak dan toples selesai, kamu harus menyiapkan koloni semut. Kalau kamu bingung, kamu bisa beli koloni semut di pedagang, lalu taruhlah koloni semut di rak tersebut.

Berikan makanan dan minuman kepada semut. Berikanlah makanan serangga seperti jangkrik ataupun ulat. Untuk minuman kamu bisa memberikan air gula ataupun madu.

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan telur semut. Beberapa hal yang perlu kamu lakukan adalah memberikan makanan tambahan seperti sari buah atau gula.

Juga selalu memperhatikan kelembaban media tumbuh, dan membersihkan toples dari kotoran atau sisa makanan yang tidak terpakai.

Apabila rutin dilakukan, telur semut akan bertambah banyak. Ada baiknya kamu mengumpulkan dulu koloni agar bisa memproduksi telur semut yang lebih cepat.

Kira-kira seperti itulah cara ternak kroto yang bisa kamu lakukan untuk pemula. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan menjadi lebih paham dan expert melakukan ternak kroto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *