Breaking News
Home / Informasi Kroto / Cara Menyimpan Kroto Yang Baik dan Bisa Tahan Berhari-Hari

Cara Menyimpan Kroto Yang Baik dan Bisa Tahan Berhari-Hari

Cara Menyimpan Kroto Yang Baik dan Bisa Tahan Berhari-Hari – Para kicau mania pastinya sudah mengetahui kalau kroto merupakan makanan / pakan yang mengandung banyak sekali manfaat dan juga nutrisi yang sangat baik.

Telur yang dihasilkan dari semut rangrang ini memang dipercaya bisa meningkatkan performa kicauan dari seekor burung. Ditambah kroto juga sangat mudah sekali ditemukan dan didapatkan. Karena tersedia di toko-toko burung terdekat.

Meskipun harga kroto sekarang ini tergolong cukup mahal. Tapi tidak mengurangi niat para kicau mania untuk membelinya demi burung-burung kesayangan mereka yang ada dirumah. Karena kroto sangat menyehatkan dan juga membuat burung semakin gacor.

Sehingga banyak sekali orang-orang atau para kicau mania yang kerap kali menyetok dan menyimpan kroto dirumahnya masing-masing. Agar nantinya bisa diberikan kepada burung mereka tanpa harus repot-repot membeli ke toko terlebih dahulu.

Tetapi tahukah anda kalau menyimpan kroto tidak boleh sembarangan? Faktanya ada loh cara menyimpan kroto yang baik dan benar agar tetap segar (fresh) dan bisa tahan sampai berhari-hari. Simak penjelasan yang ada dibawah ini, untuk mengetahui informasinya.

tips cara menyimpan kroto

Cara Menyimpan Kroto Yang Baik dan Bisa Tahan Berhari-Hari

Perlu dan wajib untuk anda ingat selalu ya. Meskipun kroto memiliki banyak sekali manfaat dan gizi yang baik, namun telur semut yang satu ini ternyata mudah sekali basi, busuk dan juga rusak.

Hal ini bisa terjadi karena sifat dari kroto itu sendiri yang tidak tahan lama di suhu ruang. Bahkan pada umumnya, kroto hanya bisa bertahan 12 jam saja lho. Selebihnya kroto tidak akan lagi segar dan kualitasnya akan semakin berkurang drastis.

Untuk itu, diperlukan cara menyimpan kroto yang khusus agar kroto menjadi lebih awet dan bisa tahan lebih dari 12 jam. Baiklah kalau begitu, tanpa berlama-lama lagi, inilah cara menyimpan kroto yang perlu anda ketahui agar lebih tahan lama :

  • Selalu Menjaga Kelembapan Kroto

Sangatlah penting untuk selalu menjaga kelembapan kroto agar tidak cepat basi. Semakin lembap kroto, semakin cepat pula kroto menjadi rusak dan basi. Cara bisa anda lakukan adalah dengan mengangin-anginkan kroto. Anda bisa meratakan kroto dan menganginkannya dengan kipas angin.

  • Menyimpan di Dalam Kulkas

Faktanya tidak cuma sayur, buah dan daging saja yang harus disimpan didalam kulkas. Ternyata kroto juga bisa disimpan didalam kulkas. Dengan memasukkannya didalam kulkas, bakteri menjadi lebih sulit berkembang. Otomatis kelembapan dari kroto juga semakin lebih terjaga. Cara ini sangat penting dilakukan agar kroto menjadi lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

  • Simpanlah Kroto Pada Wadah Khusus dan Berikan Tatakan
Baca Juga :  Kenali Apa Itu Keroto Sebelum Beternak Kroto Dengan Hasil Memuaskan

Cara selanjutnya yang bisa digunakan agar kualitas kroto tetap terjaga adalah dengan memastikan anda menyimpan kroto dengan wadah khusus, seperti besek. Besek merupakan wadah yang cukup baik karena memiliki rongga-rongga kecil yang membantu kroto agar tetap segar dan tidak lembap. Jangan lupa juga untuk menyertakan tatakan yang menyerap air, seperti tissue.

  • Sebelum di Simpan, Usahakan Agar Kroto Dalam Kondisi Bersih

Bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran dan semut yang masih menempel pada kroto. Cara ini cukup membantu kroto agar supaya tetap bersih dan hawa atau angin dari luar tidak terganggu dengan adanya kotoran-kotoran tersebut. Usahakan juga keringkan kroto terlebih dahulu sekering-keringnya ya.

Nah, itulah beberapa cara menyimpan kroto yang perlu anda selalu ingat agar kroto tidak cepat rusak. Mengingat kroto sangat-sangat mudah basi dan rusak apabila tidak dilakukan perawatan yang khusus.

Kenali Tanda-Tanda Kroto Yang Sudah Tidak Bagus Lagi

Pada pembahasan kali ini, saya ingin memberikan sebuah penjelasan yang cukup menarik. Tentunya bisa memberikan informasi tambahan kepada anda khususnya tentang pertanda kroto sudah tidak lagi bagus.

Diharapkan dengan adanya penjelasan yang ada dibawah ini. Dapat menjadikan anda smart buyer atau pembeli kroto yang cerdas sehingga mengetahui kroto mana yang tidak lagi layak untuk burung kesayangan anda.

 

Yuk kita langsung masuk pada pembahasannya, berikut ini adalah ciri-ciri dan tanda-tanda kroto yang sudah basi dan sudah rusak yang perlu anda ketahui :

  1. Warna kroto yang tadinya segar berubah menjadi kekuningan, bahkan ada beberapa kroto yang warnanya menjadi hitam.
  2. Tekstur kroto yang tadinya lembut berubah menjadi lebih menggumpal, berair dan tidak sedikit juga menjadi lebih benyek.
  3. Kehilangan bau yang khas, kroto yang basi akan menghasilkan aroma yang tak sedap, baunya menjadi lebih amis menyengat.

Sekarang anda sudah tau dan bisa membedakan, mana kroto yang baik untuk burung kesayangan anda dan mana yang tidak. Semoga anda terbantu dengan informasi tambahan yang sudah saya paparkan diatas.

Sekian sampai disini dulu penjelasan tentang Cara Menyimpan Kroto Yang Baik dan Bisa Tahan Berhari-Hari yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Nantikan informasi-informasi menarik lainnya, cuma di situs Krotopedia.com.

Sekian dan terima kasih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *